Senin, 26 April 2010

Miscommunication

Miscommunication adalah salah pembicaraan atau bahasa sekarang biasa dibilang ga jelas dan ga nyambung. Berapa banyak hal disunia ini, pekerjaan, pertemanan, jual beli, percintaan yang gagal hanya karena sebuah komunikasi. Komunikasi sangat penting didunia ini, karena seegoisnya seseorang dia tetaplah seorang makhluk sosial. Seorang saudara beberapa hari ini statusnya sangat mengungkapkan isi hatinya, bahwa hanya karena sebuah ungkapan dia dan wanita yang dia sayang menjadi salah komunikasi. Sebuah ungkapan yang benar adanya namun diungkapkan (mungkin) dengan cara yang terlalu santai sehingga terkesan main-main dan terlalu langsung. Namun bila kita lihat lagi, kenapa hal seperti dapat terjadi. Miscommunication dapat terjadi bila dua belah pihak kurang jelas dalam menanggapi masalah dan juga karena kurangnya perhatian dari salah satu pihak. Bila kita menyimak pembicaraan dengan teman ataupun relasi, percaya atau tidak kita diharuskan untuk konsentrasi menyimak pembicaraan tersebut, karena bila konsentrasi kita terpecah maka kita mungkin salah dalam menanggapi sesuatu atau tidak mendengar point penting dalam pembicaraan tersebut. Ini sama saja dengan kita kurang menghargai orang tersebut. Hal lain adalah bila kita berbicara dengan seseorang sedangkan orang tersebut sedang tidak dalam kondisi yang baik untuk berbicara. Kondisi ini mungkin sedang sedih, bingung, ataupun marah. Namun ketidak tahuan kita akan kondisi lawan bicara adalah penyebab banyaknya miscommunication. Namun kita juga tidak bisa dislaahkan karena lawan bicara yang tidak dapat mengungkapkan kondisi hatinya, dan tidak semua orang bisa. Selain itu, miscommunication juga dapat terjadi akibat alat komunikasi yang gagal berfungsi dikarenakan gangguan alam ataupun rusaknya alat komunikasi tersebut. Bagaimana menghadapi miscommunication? Miscommunication terkadang tidak dapat dihindari karena kita makhluk sosial yang berbicara. Namun kita dapat meminimalisasikan kejadian seperti ini. Dengan cara melatih diri kita untuk mengetahui kondisi lawan bicara dan memberi perhatian penuh terhadap pembicaraan yang sedang dilakukan. Dan melatih diri kita untuk menghargai pembicaraan seseorang, kecuali orang yang terlalu kacau untuk diperhatikan. Dan juga melatih diri kita untuk tidak menjadi selalu menyalahkan alat komunikasi, karena itu hanya alat, sedangkan yang berkomunikasi adalah kita. LET'S COMMUNICATE.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar